Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Artikel Terpopuler

PEMELIHARAAN LINGKUNGAN BERSIH DI WILAYAH DESA WANAWALI

Pelaksanaan Operasi Bersih  Kerja Bakti dan Gotong Royong merupakan kegiatan yang mempunyai banyak kelompok dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kerja bakti penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan banyak orang seperti perbaikan fasilitas publik maupun kebersihan lingkungan sekitar. Kepala Desa Wanawali Wahyudin beserta Perangkat Desa lainnya turun aksi dalam melakukan kegiatan tersebut untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan sekitar, berlangsungnya kegiatan opsih di Wilayah Desa Wanawali Kepala Desa mempunyai keinginan dan harapan kedepannya masyarakat dapat ikut andil di dalamnya dalam menjaga kebersihan secara langsung/tidak sehingga capaian yang didapat dalam menjaga kelestarian lingkungan dapat dicapai dengan maksimal. Kegiatan opsih terlaksana dengan lancar dan khidmat berkat keikutsertaan masyarakat sekitar dan tokoh masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan.

SEMANGATNYA 100%, KEGIATAN JUMAT BERSIH DI DESA WANAWALI TERPANTAU LANCAR!

Setiap Jumat di Desa Wanawali, kita bersatu untuk menciptakan perubahan nyata dalam lingkungan kita. Hari ini, saatnya untuk Jumat Bersih, sebuah inisiatif yang mengajak kita semua untuk merawat dan menyayangi tempat tinggal kita bersama. Kegiatan Jumat Bersih adalah wujud kepedulian kita terhadap lingkungan yang bersih, sehat, dan indah. Bersama-sama, kita membersihkan sudut-sudut desa kita yang sering terabaikan. Kita membersihkan taman, jalan atau area publik lainnya yang memerlukan perhatian. Termasuk dengan Kantor Desa Wanawali juga. Hari ini, kami telah berkumpul dengan semangat sukarela untuk membersihkan lingkungan kita. Dengan sapu, penggaruk, dan kantong sampah di tangan, kita mulai bekerja. Kita membersihkan debu di sekat-sekat lemari, membersihkan sampah-sampah yang menumpuk dan menyapu jalan tempat kendaraan berlalu-lalang. Namun, Jumat Bersih bukan hanya tentang membersihkan fisik. Ini juga tentang membersihkan pikiran dan hati kita. Kita merenungkan bagaimana tindakan kecil kita hari ini dapat berdampak besar pada masa depan. Kita belajar tentang pentingnya merawat bumi yang telah memberi kita rumah. Seiring matahari meninggi, kita menyelesaikan pekerjaan kita dengan perasaan puas. Kami meninggalkan lingkungan yang lebih bersih, lebih indah, dan lebih layak untuk semua orang. Tapi yang lebih penting, kami meninggalkan jejak peduli yang akan menginspirasi orang lain untuk ikut serta. Jumat Bersih bukan hanya tentang satu hari dalam seminggu. Ini adalah komitmen kita untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan kita setiap hari. Mari terus merawat tempat tinggal kita bersama-sama, karena kita memiliki satu bumi, dan kita harus menjaganya. Terima kasih kepada semua yang ikut serta hari ini. Mari lanjutkan perjuangan kita untuk lingkungan yang lebih baik. Bersama-sama, kita bisa menciptakan perubahan positif yang langgeng. Selamat Jumat Bersih Desa Wanawali!

MAINNYA KOK BAKAR BAKAR? YUK INTIP PROSES PEMBUATAN ARANG DESA WANAWALI

Abah Tatah, seorang warga Desa Wanawali yang berdedikasi, telah menjalankan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang pembuatan arang dan briket arang. Dalam bisnisnya yang berlokasi di pedesaan yang indah ini, Abah Tatah telah memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat sekitar. Pembuatan arang dan briket arang oleh Abah Tatah bukan hanya sebuah usaha, tetapi juga sebuah warisan tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Abah Tatah menggunakan kayu-kayu lokal yang terbarukan untuk memproduksi arang berkualitas tinggi. Proses pembuatan arangnya dilakukan dengan teliti, dimulai dari pemilihan kayu hingga proses pembakaran yang tepat, sehingga menghasilkan arang yang tahan lama dan efisien. Selain arang tradisional, Abah Tatah juga memproduksi briket arang. Briket arang ini dibuat dengan mencampurkan serbuk-serbuk kayu dengan bahan perekat alami, kemudian dicetak menjadi bentuk tertentu. Hasilnya adalah briket arang yang ramah lingkungan dan mudah digunakan. Ini adalah solusi yang baik untuk mengurangi deforestasi dan menciptakan bahan bakar yang lebih berkelanjutan. Usaha UMKM Abah Tatah tidak hanya memberikan manfaat ekonomi bagi dirinya sendiri, tetapi juga membantu menjaga lingkungan dan memberikan peluang kerja bagi warga desa. Selain itu, produk-produk berkualitas yang dihasilkannya telah menarik perhatian pasar lokal dan mungkin bahkan pasar lebih luas. Abah Tatah adalah contoh nyata bagaimana UMKM di pedesaan dapat berperan penting dalam pembangunan berkelanjutan, menciptakan lapangan kerja, dan melestarikan tradisi lokal. Semoga usahanya terus berkembang dan menginspirasi orang lain untuk mengikuti jejaknya dalam memajukan UMKM di daerah pedesaan.

NIKMAT TAK TERTANDINGI! KRIPIK PISANG DAN SINGKONG MAMA ACIH

Kripik Pisang dan singkong Mama Aci mengundang Anda untuk merasakan sensasi tiada tanding dengan setiap gigitanya. Olahan Kripik ini adalah UMKM lokal yang berdedikasi untuk memberikan masyarakat pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Kripik pisang dan singkong dibuat dengan tangan, dengan cinta dan perhatian terhadap detail. Mama Aci hanya menggunakan pisang segar berkualitas tinggi, yang diolah dengan resep tradisional yang telah wariskan dari generasi ke generasi. Hasilnya adalah kripik pisang dan singkong yang lezat, renyah, dan kaya rasa. Tersedia dalam berbagai varian rasa yang menarik, dari manis hingga pedas, Kripik pisang Mama Aci adalah pilihan sempurna untuk camilan sehari-hari, hadiah istimewa, atau sekadar memanjakan diri sendiri. Dukung UMKM lokal dan nikmati kelezatan sejati. Pesan Kripik Pisang dan Singkong Mama Aci hari ini dan rasakan perbedaannya. Setiap gigitan adalah perjalanan rasa yang tak terlupakan. Ayo, buat momen-momen Anda lebih istimewa dengan Kripik Pisang dan Singkong Mama Aci!

TERTIB BANGET, PENYALURAN BLT DI DESA WANAWALI!

Bantuan langsung tunai melalui dana desa (BLT-DD) adalah salah satu bantuan yang diberikan dalam upaya menekan dampak kemiskinan bagi warga yang kurang mampu dan belum menerima bantuan dari pusat. Pemerintah Desa Wanawali menyalurkan BLT-DD kepada 60 Warga bertempat di kantor desa Wanawali pada hari Senin, 11 September 2023. Bantuan ini diserahkan langsung oleh Kepala Desa bersama perangkat-perangkat desa. Pembagian BLT-DD juga dihadiri oleh Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri yang sedang melaksanakan kegiatan Bhakti Karya Praja. Kepala Desa Wanawali, Wahyudin menjelaskan bahwa Bantuan Langsung Tunai dibagikan sejumlah Rp. 900.000 per tiga bulan.   Wahyudin menuturkan bahwa dalam hal rangkaian proses penyaluran BLT, pihak desa lebih dahulu melakukan berbagai tahapan dan pertimbangan. Pengajuan nama nama penerima BLT Dana Desa tiap RT/RW nya sesuai kondisi sebenarnya dan kriteria penerima bantuan. Selanjutnya melalui musyawarah Desa, nama nama warga calon penerima BLT itu di cek melalui aplikasi dari Dinas Sosial apakah nama tersebut sudah atau belum menerima bantuan langsung atau melalui program yang di berikan keypad Masyarakat (contoh: penerima bantuan PKH/BPNT). Setelah diperiksa bahwa nama warga tersebut tidak sebagi penerima bantuan langsung atau program pemerintah maka selanjutnya di periksa kriteria dan kelayakan warga Desa Wanawali tersebut apakah sudah memenuhi syarat sebagai penerima bantuan atau tidak untuk kriteria penerima. Setelah disepakati siapa saja penerima BLT Dana Desa maka Desa membuatkan surat keputusan untuk menetapkan nama nama warga penerima BLT. Pada Tahun 2022, Desa Wanawali sendiri memiliki penerima BLT Dana Desa di Wanawali ada 97 warga sedangkan tahun ini sudah menurun tersisa 60 warga. Data tersebut menunjukan bahwa pengurangan warga miskin di Desa Wanawali yang dapat dilihat karna sudah ada warga tidak masuk kriteria penerima seperti warga yang mengalami PHK saat pandemi covid telah mendapat pekerjaan kembali atau memiliki usaha pribadi serta penerima lansia yang telah meninggal.