Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

TERTIB BANGET, PENYALURAN BLT DI DESA WANAWALI!

TERTIB BANGET, PENYALURAN BLT DI DESA WANAWALI!

Bantuan langsung tunai melalui dana desa (BLT-DD) adalah salah satu bantuan yang diberikan dalam upaya menekan dampak kemiskinan bagi warga yang kurang mampu dan belum menerima bantuan dari pusat. Pemerintah Desa Wanawali menyalurkan BLT-DD kepada 60 Warga bertempat di kantor desa Wanawali pada hari Senin, 11 September 2023.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Kepala Desa bersama perangkat-perangkat desa. Pembagian BLT-DD juga dihadiri oleh Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri yang sedang melaksanakan kegiatan Bhakti Karya Praja. Kepala Desa Wanawali, Wahyudin menjelaskan bahwa Bantuan Langsung Tunai dibagikan sejumlah Rp. 900.000 per tiga bulan.  

Wahyudin menuturkan bahwa dalam hal rangkaian proses penyaluran BLT, pihak desa lebih dahulu melakukan berbagai tahapan dan pertimbangan. Pengajuan nama nama penerima BLT Dana Desa tiap RT/RW nya sesuai kondisi sebenarnya dan kriteria penerima bantuan. Selanjutnya melalui musyawarah Desa, nama nama warga calon penerima BLT itu di cek melalui aplikasi dari Dinas Sosial apakah nama tersebut sudah atau belum menerima bantuan langsung atau melalui program yang di berikan keypad Masyarakat (contoh: penerima bantuan PKH/BPNT). Setelah diperiksa bahwa nama warga tersebut tidak sebagi penerima bantuan langsung atau program pemerintah maka selanjutnya di periksa kriteria dan kelayakan warga Desa Wanawali tersebut apakah sudah memenuhi syarat sebagai penerima bantuan atau tidak untuk kriteria penerima. Setelah disepakati siapa saja penerima BLT Dana Desa maka Desa membuatkan surat keputusan untuk menetapkan nama nama warga penerima BLT.

Pada Tahun 2022, Desa Wanawali sendiri memiliki penerima BLT Dana Desa di Wanawali ada 97 warga sedangkan tahun ini sudah menurun tersisa 60 warga. Data tersebut menunjukan bahwa pengurangan warga miskin di Desa Wanawali yang dapat dilihat karna sudah ada warga tidak masuk kriteria penerima seperti warga yang mengalami PHK saat pandemi covid telah mendapat pekerjaan kembali atau memiliki usaha pribadi serta penerima lansia yang telah meninggal.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler